Wednesday 1 February 2017

Puluhan Siswa Telat di Suruh Pulang.. Kok Bisa ....??!!

Foto Oleh Facebook Zai Chua

JEMBER ..

    Kali ini kita akan mencoba untuk serius ..!!!!
Ciee .... Bang Zai Mau Serius....


Hehe.. iya.. Pasalnya saya mengalami kebingungan saat melihat keadaan sekolah di salah satu kota di jawa timur ..
Maklum dari lahir sampe segede ini saya hidup di tanah jaya karta (jakarta)
  Tapi akan lebih bijak jika saya Tidak menyebut nama sekolahannya...

     Bagaimana tidak bingung?
Sebulan saya pulang dari jakarta, hampir setiap pagi mengantarkan adek sekolah di sekolahan tersebut, dan tidak ada yang aneh,
Tapi di Satu waktu saya mengantar adek, tepatnya hari senin pagi tgl 30 januari 2017, di jam-jam nya anak sekolah yaitu pkl .07:05 terlihat siswa-siswi berkerumun di depan gerbang sekolah, ada kira-kira 20 an lebih siswa, dan akhirnya saya bertanya pada salah seorang siswa , dan jawabannya adalah TELAT .... Iya Telat jam masuk.... tapi saya agak maklum, karena pagi itu memang mendung dan di sertai gerimis kecil .. tapi ketika saya cermati telatnya gak terlampau jauh juga..

    Saya pun mulai heran, telat jam masuk kok gak boleh masuk sekolah, malah yang lebih heran lagi ketika si bapak penjaga pintu gerbang dengan santainya menyuruh siswa-siswi pulang, dengan nada agak mengusir . Dan waktu saya melihat ke atas (Gedung sekolah lantai 2) terlihat seorang guru hanya senyum-senyum agak terpakasa..
 Dalam fikiran saya, Telat masuk sekolah kok gak di hukum ya?.. Umumnya kan di beri hukuman Atau di kasih tugas berat... tapi itu justru di suruh pulang....

 20 an siswa lebih di suruh pulang, dalam hati saya apakah mungkin itu semua anak-anak nakal?.... sangat tidak mungkin kan?....
 Dan sepengetahuan saya, baru kali itu ada telat yang berjamaah....

Kembali lagi pada aturan
  Jika aturan memulangkan Siswa di saat mereka telat jam masuk, terus sampai kapan aturan itu akan bertahan?....
Jika mereka telat dan pulang telat dan pulang begitu seterusnya, kapan mereka di bina?.... setau saya orang tua berjuang  mendapatkan uang dengan berbagai cara ,tidak peduli panas atau hujan itu demi menyekolahkan anak, dan anak di sekolahkan itu tujuannya merubah karakter nakal menjadi baik, bodoh menjadi pintar, gak sopan menjadi sopan , termasuk membina anak malas yang suka telat masuk sekolah.. dan jika anak telat sekolah terus di pulangkan siapa yang mambina mereka? Apakah guru memulangkan itu tujuannya biar di bina orang tuanya sendiri?....terus apa guna mereka mengeluarkan uang yang tidak sedikit itu ke sekolah?....
   Orang tua mereka kan bayar?... dan negara juga membayar mereka para guru untuk Mendidik anak yang berkelakuan tidak baik,
Pertanyaannya.. apakah guru hanya mau mendidik anak yang sudah baik?., apakah guru hanya mau mendidik anak yang sudah pintar?....
 Kalau seperti itu dimana tantangan menjadi seorang guru?. dimana kreatifitas guru Untuk merubah karakter anak dengan cara yang lebih bijak dan tidak merugikan pihak manapun?

   Sebenarnya yang menjadi perhatian adalah bagaimana cara merubah karakter anak sekolah yang suka telat menjadi tidak telat lagi.. jika dengan cara di pulangkan, saya yakin tidak akan ada perubahan sama sekali.. yang ada cuma telat dan pulang..
Dalam fikiran mereka para siswa yang benar-benar nakal , itu hukuman di suruh pulang sangat tidak ngaruh.. bahkan terkesan menguntungkan mereka ..  padahal orang tua berharap penuh pada sekolah.....













No comments:

Post a Comment

INILAH SOSOK TUYUL BALUNG YANG MENGGEMPARKAN WARGA

 Sosok tuyul di kec.balung baru-baru ini yang sempat menggemparkan warga