Monday 1 January 2018

Uniknya Desa Glundengan




    Desa glundengan kecamatan wuluhan kabupaten jember, menurut saya adalah desa Yang unik, dimana di ketahui letaknya Yang berada di tepi gunung-gunung Yang terkenal dengan tanahnya Yang subur. Juga termasuk desa Yang terkenal dengan banyaknya sungai, sungainyapun terkenal dengan aneka ragam ikan.

Oleh sebab itulah kenapa saya harus berani mengatakan kalau desa glundengan ini adalah desa Yang unik.

Di samping itu ada lagi beberapa faktor Yang sangat mendukung Yang bisa di manfaatkan sebagai potensi ke khas an desa glundengan, di antaranya dam terpedo

Dam terpedo adalah sebuah bangunan Yang tinggi menjulang, dan besar melebihi ukuran rumah-rumah warga pada umumnya, tapi sayang dam terpedo tersebut belum banyak di kenal. Tapi maklumlah, karena pada jaman dahulu di masa pembangunannya yang tertera di badan bangunan dengan kalimat menggunakan bahasa portugis Yang bertuliskan Ano 1923 Yang artinya di buat pada tahun 1923 sebelum kemerdekaan, hingga tahun 2016 belum ada satupun instansi atau organisasi Yang mengangkat potensi dan keunikannya secara besar-besaran.

Tapi barulah di tahun 2017, tepatnya tanggal 28 januari muncul sebuah Grup persatuan desa Yang dimana anggotanya mayoritas adalah warga desa atau Yang masih berdarah keturunan desa.
Grup Yang bermula muncul dengan memanfaatkan teknologi dan perkembangan jaman itu di awali dengan pembentukan grup Facebook, Yang di mana ide tersebut di pelopori oleh pemuda asli warga desa glundengan, namun pengalamannya hidup di kota orang lain sudah tidak perlu di ragukan lagi, dan pengalamannya ikut di beberapa organisasi kepemudaan di kota dimana dia singgah adalah salah satu bekal Yang sangat berguna untuk menunjang suksesnya grup Yang di buka di desanya tersebut.

Adalah grup iWG (info warga glundengan) Yang baru pertama kali bisa menggerakkan seluruh pemuda, dari Yang terdekat dengan Dam Terpedo hingga sampai ujung terjauh. 


No comments:

Post a Comment

INILAH SOSOK TUYUL BALUNG YANG MENGGEMPARKAN WARGA

 Sosok tuyul di kec.balung baru-baru ini yang sempat menggemparkan warga